Pintar Saja Belum tentu Sukses...Kenali Sebab Kegagalan Anda...!!

Pernahkah anda merasa heran terhadap salah seorang teman anda sewaktu di sekolah atau di kuliah dulu yang terlihat begitu pandai dan cerdas namun dia murung,bersedih dan merutuki nasib karena masa depannya yang suram?,atau terhadap teman yang lain yang kelihatannya dahulu sewaktu di sekolah atau kuliah selalu menjadi buah bibir karena kebodohannya,tapi sekarang secara misterius dia bisa tertawa lebar karena telah berhasil mendulang kesuksesan..?
Yah…kita semua sepakat,selain faktor kepandaian ada faktor penting lain yang akan menyebabkan seorang bisa mendulang kesuksesannya.Salah satunya faktor “Lucky” ini mungkin faktor yang tidak bisa didapatkan disembarang tempat.Termasuk di bangku sekolah,karena ini adalah wilayah prerogatif Tuhan yang Maha Menentukan.
Tetapi alangkah baiknya jika kita tidak serta merta menyalahkan “Takdir”,selama kita belum mampu mengenali sebab-sebab kegagalan kita.
Dibawah ini hasil dari Survei yang dilakukan terhadap 200 orang pintar di Amerika,paling tidak ada empat hal penting yang menjadi penyebab kegagalan mereka.
# Tidak Cocok
Ternyata sebuah kesuksesan itu memerlukan kecocokan antara kemampuan,bakat,kepentingan,keinginan,kepribadian,dan nilai-nilai dalam setiap usaha yang kita lakukan.
Bila kita merasa tidak nyaman,tidak cocok dengan pekerjaan yang kita lakukan sekarang.Ada baiknya jika kita membulatkan tekad untuk segera mengakhirinya dan bergegas keluar.Hal ini tentu harus ada resiko yang menjadi tanggung jawab kita.Pertanyaannya Siapkah Anda dengan resiko yang anda ambil..?
# Tidak Ada Komitmen
Sesuatu yang dilakukan setengah-setengah akan memperbesar kemungkinan sebuah kegagalan.Suatu tujuan perlu dibarengi dengan tekad,semangat,dan komitmen yang kuat untuk mencapainya.Kekuran yakinan kita terhadap kemampuan yang kita miliki seringkali menjadi penyebabnya.Maka dari itu kita harus membuang rasa minder,takut,bimbang,dan kesan negatif terhadap diri kita sendiri,lalu gantikan dengan kesan positif yang membangun untuk mendukung proses kesuksesan kita.
# Kurang Fokus
Terlalu banyak yang hendak kita tuju,terlalu banyak impian,keinginan,dan kegiatan,agaknya juga memberikan efek yang tidak baik untuk kita bisa cepat sukses,jika kita tidak bisa mengerjakannya dengan baik.
Fokuskan diri terhadap apa yang paling baik kita lakukan sekarang,sadarilah bahwa kita punya keterbatasan.Tetapkan prioritas dan segera susun agenda kesuksesan kita.
# Kemalangan
Siapapun tidak bisa menolak adanya takdir,entah itu takdir baik atau buruk.Dan siapakah pula yang bisa menolak ketika kemalangan itu harus menimpa kita..?
Janganlah menyalahkan Tuhan,orang lain atau diri sendiri.Tapi kita harus ingat,meskipun kita tidak bisa menolak kemalangan itu,namun akan selalu ada jalan untuk memperbaikinya.

Pada akhirnya, kegagalan bukanlah ‘jalan buntu’ untuk mencapai sukses. 
Kesempatan datang silih berganti. Jika hari ini Anda gagal, mungkin 
besok Anda akan sukses. Jika Anda mampu berpikir jernih mengenai kegagalan 
dan menyadari bahwa dalam hidup ini selalu ada pilihan, Anda akan bisa 
menyikapi sebuah kegagalan sebagai pelajaran yang berharga. Ingat, tak 
ada orang yang lebih bodoh selain tidak bisa memetik pelajaran dari 
sebuah kegagalan.
Salam Sukses selalu…
==================
Dari tepian Kota Jakarta
Kamis,02 Februari 2012

Komentar