CONTOH RPP (MATEMATIKA)

RENCANA PROGRAM PENGAJARAN


SMP :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / semester : VII / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk memahami lingkungannya.
Kompetensi Dasar : 4.4 Mendeskripsikan gejala – gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.

Indikator : - Mendeskripsikan sifat – sifat fisik atmosfer.
- Mendeskripsikan cuaca dan iklim.
- Mengidentifikasi tipe hujan ( orografis, zenital, frontal )
- Menghitung suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut
- Menganaliisis proses terjadinya angin dan memberikan contohnya.
- Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian – bagiannya.
- Mengklasifikasikan bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya.
- Mendeskripsikan zone laut menurut letak dan kedalamannya.
- Menafsirkan pengertian batas landas kontinen laut territorial dan Zone Ekonomi Eksklusif ( ZEE ) serta menunjukkannya pada peta.

Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran ( 4 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran.
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Mendeskripsikan sifat – sifat fisik atmosfer.
2. Mendeskripsikan cuaca dan iklim.
3. Mengidentifikasi tipe hujan ( orografis, zenital, frontal )
4. Menghitung suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut
5. Menganaliisis proses terjadinya angin dan memberikan contohnya.
6. Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian – bagiannya.
7. Mengklasifikasikan bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya.
8. Mendeskripsikan zone laut menurut letak dan kedalamannya.
9. Menafsirkan pengertian batas landas kontinen laut territorial dan Zone Ekonomi Eksklusif ( ZEE ) serta menunjukkannya pada peta.

B. Materi Pelajaran.
1. Sifat – sifat fisik atmosfer.
2. Cuaca dan iklim.
3. Tipe hujan ( orografis, zenital, frontal )
4. Suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut
5. Proses terjadinya angin dan memberikan contohnya.
6. Siklus hidrologi dan bagian – bagiannya.
7. Bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya.
8. Zone laut menurut letak dan kedalamannya.
9. Pengertian batas landas kontinen laut territorial dan Zone Ekonomi Eksklusif ( ZEE ) serta menunjukkannya pada peta.


C. Metode Pembelajaran.
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Tugas
I hasil
D. Langkah – langkah.
1. Pertemuan 1.
a. Pendahuluan.
Apersepsi : Menanyakan tugas pertemuan yang lalu
Motivasi : - Menjelaskan bagaimana jika di bumi tidak terdapat udara.
- Apa yang terjadi ?.
b. Kegiatan Inti
1. Siswa diberi tugas untuk mengamati keadaan udara di luar kelas.
2. Siswa masuk ke kelas untuk membaca buku literature yang relevan
3. Siswa diberi tugas untuk menyimpulkan hasil pengamatan tentang sifat fisik udara dan unsure – unsure cuaca dan iklim.
4. Siswa secara bergantian maju untuk menjelaskan hasil pengamatanny, siswa lain memberikan tanggapan.
c. Penutup.
1. Membuat kesimpulan
2. Penilaian
3. Refleksi







2. Pertemuan 2
a. Pendahuluan.
Apersepsi : Menanyakan tentang unsure – unsure cuaca dan iklim.
Motivasi : - Mengulas tentang manfaat hujan bagi kehidupan mahluk hidup.

b. Kegiatan Inti.
1. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok.
2. Siswa diberikan gambar – gambar tipe hujan.
3. Siswa diberi tugas untuk mengamati dan kemudian menjelaskan tipe – tipe hujan sesuai gambar.
4. Secara bergantian siswa maju menjelaskan hasil diskusi tentang tipe – tipe hujan dari hasil pengamatan gambar.
5. Kelompok lain menanggapi presentasi kelompok yang menyampaikan laporan.
6. Siswa diberi tugas untuk menghitung suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut.
7. Siswa secara bergantian menjawab dengan menuliskan di papan tulis.
8. Siswa lain memberikan tanggapan hasil pekerjaan temannya.

c. Penutup.
1. Membuat kesimpulan atas bimbingan guru.
2. Penilaian
3. Refleksi
4. Penugasan dalam bentuk menghitung suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan laut.

3. Pertemuan 3
1. Pendahuluan.
Apersepsi : Membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
Motivasi : - Memberikan pertanyaan tentang pengertian angin.

2. Kegiatan Inti.
1. Siswa diarahkan untuk menelaah buku sumber tentang angina.
2. Siswa dibagi dalam kelompok yang maksimal beranggotakan 5 orang.
2. Siswa diberi gambar tentang proses terjadinya angin.
3. Siswa secara berkelompok diberi tugas untuk menjelaskan proses terjadinya ngin berdasarkan gambar.
4. Secara bergantian tiap – tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan keompok lain menanggapi.
5. Siswa diberi gambar siklus hidrologi
6. Siswa mendiskusikan gambar siklus hidrologi secara berkelompok.
7. Secara bergantian kelompok memperesentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menaggapi.

c. Penutup.
1. Membuat kesimpulan bersama – sama dari hasil diskusi.
2. Memberikan ulasan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
3. Penilaian
4. Refleksi

4. Pertemuan 4
1. Pendahuluan.
Apersepsi : Jelaskan proses terjadinya angina Fohn.
Motivasi : - Tanya jawab tentang manfaat laut.

2. Kegiatan Inti.
1. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok
2. Tiap - tiap kelompok diberi tugas yang berbeda sesuai dengan urutan kelompoknya, yaitu :
a. mengamati gambar tentang bentuk tubuh air
b. Mengamati gambar tentang zona laut berdasarkan kedalamannya.
c. Mengamati peta tentang laut territorial
d. Mengamati peta tentang ZEE
3. Setiap kelompok mendiskusikan tugasnya masing – masing, untuk kemudian maju melaporkan hasil diskusi.
4. Kelompok lain memberikan tanggapan.

3. Penutup.
1. Memberikan penguatan dari hasil diskusi siswa.
2. Penilaian
3. Refleksi

E. Sumber Belajar.
1. Buku Geografi pegangan siswa
2. Buku Referensi lain yang lelevan
3. Gambar Tipe Hujan.
4. Gambar siklus hidrologi.
5. Gambar bentuk tubuh air.
6. Gambar zona laut
7. Peta


F. Penilaian.
1. Tes tulis ( terlampir )
2. Penugasan ( terlampir )

Komentar