EMPIRISME,TAKSONOMI HEWAN

Essensial -> Penting karakter (Biol.), karakteristik yang menonjol
yang melayani untuk membedakan satu genus, spesies, dll, dari lainnya.
Essensialisme tidak lain adalah konsep spesies tipologi.Konsep ini mengacu pada pemikiran bahwa semua nggota suatu takson mencerminkan cir essensialisme yang sama sesuai denganm tipenya.
Kelemahan dari teori ini adalah tidak adanya cara tertentu untuk menentukan cirri-cir essensial man yang di milik organisme dan mengapa cirri-ciri itu di pilih bukan cirri-ciri yang lain.


Nominalisme -> nominalisme
(philosophy) doktrin bahwa berbagai objek berlabel
oleh yang sama tidak ada istilah umum, namun mereka dalam nama
Menurut filsafat,paham nominalisme hanya terdiri dari nama individu-individu yang ada di alam.semua keleompok semua dan bersifat universal hany merupakan artivak pikiran manusia.Kesalahan yang mendasar pada paham nominalisme adalah adanya misi interpretasi mengenai berbagai kausal antara kemiripan dan kekerabatan.Menurut Simpson(1961) :
Angota-angota suatu takson saling mirip karena mereka sama-sama memiliki factor keturunan yang sama.tapi menurut paham nominalisme mereka termasuk dalam satu takson karena mereka mirip

Empirisme
Menurut pandangan ini tidak di perlukan adanya teori klasifikasi,bila cirri-ciri yang tersedia nmencukupi untuk di evaluasi secara cerdas sehingga system alam itu akan muncul dengan sendirinya.

Cladisme -> Definisi: cladistics
cladistics
:analisis komparatif dan data yang digunakan untuk merekonstruksi
cladograms rangkuman yang (diasumsikan) phylogenetic
evolusioner dan hubungan sejarah kelompok organisme
[syn: cladisitic analisis]
Cladisme adalah teori klasifikasi yang mengelompokkan organisme secar eksklusif menurut asal yang sama.
Kedudukan kategori menurut teori ini tergantung pada tempat-tempat percabangan pohon filogenetik.kesalahan yang mungkin mendasar pada teori ini adalah cladisme tidak melihat bahwa hubungan dalam arti evolusioner di tetapka oleh 2 spesies.Filogenetik yaitu percabangan dan Divergensi.

Evolusioner
Klasifikasi ini di dasarkan atas kenyataan sederhana bahwa kelompok-kelompok hewan ada di alam denagn kelompok-kelompoknya.Dimana keterangan/jawabanya akan di gunakan untuk memperbaiki klasifikasi.Jawaban yang di berikan oleh Darwin adalah;”saya percaya bahwa ada sesuatu yang lain lagi yang perlu di masukkan ke dalam klasifikasi kita selain kemiripan”.







Homonim Dan Sinonim

Homonym adalah keadaan di mana 2 genus atau 2 spesies yang berbeda memiliki satu nama yang sama.
Sinonim adalah keadaan di mana 1 jenis atau spesies memiliki 2 nama yang berbeda.

Filum dari bahasa Yunani ; phylum adalah cabang. Biasanya kata ini dipakai dalam ilmu bahasa perbandingan atau dalam ilmu biologi dalam menguraikan atau meng klasifikasikan hubungan 'keluarga' antar jenis atau bahasa .
Dalam biologi, klasifikasi ini menjadi: subfilum , kelas , ordo , famili , genus dan spesies .
Dalam ilmu bahasa, hal ini merupakan kelompok bahasa atau rumpun bahasa yang berpisah sekitar 50 sampai 100 abad lampau.
divisio atau divisi adalah istilah yang sama dengan filum . Divisio dipakai dalam taksonomi untuk kerajaan tumbuhan dan fungi .
Terdapat beberapa versi divisio tumbuhan, namun versi-versi ini umumnya sepakat pada sebagian besar pembagian.
















1.KONSEP SPESIES TIPOLOGIS

Menurt konsep ini keanekaragaman yang tampak di alam sementara ini mencerminkan keberadaan tipus-tipus dalam jumlah yang terbatas.
Konsep ini mengikuti filsafat Plato,Aristoteles,Dan linnaues,serta pengikut-pengikutnya karena filosofi ini mengaku pada pandangan essensialisme
Maka defenisi tipologis kadang-kadang juga di sebut definisi essensialist.konsep ini sekarang telah di tolak secara luas.atas dasar 2 alasan praktis yaitu:

A..individu-individu di alam sering memperlihatkan konspesifik dengan individu-individu lain,meskipun terdapat perbedaan yang nyata dalam hal dimarfisme seksual,umur polimorfime dan bentuk-bentuk variasi individual yang lain.
B..adanya spesies-spesies sibling yang tidak cukup berbeda dalam banyal ciri morfologi,tetapi merupakan spesies biologis yang baik.
Tingkat perbedaan bukan merupakan criteria penentu dalam memastikan suatu takson sebagai spesies.

2.KONSEP SPESIES NOMMANILISTIK
Para pengikut konsep ini mesidak adanya keanekaragaman spesies yang nyata.Bagi mereka hanya mengenal individu-individu yang ada di ala mini, sedangkan spesies ini adalah abstraksi buatan manusia.

3.KONSEP SPESIES BIOLOGIS
K.Josdan (1905) adalah orang pertama yang merumuskan konsep ini dengan segala konsekuensinya.Ia menggabungkan unsure-unsur dari konsep tipologis dan konsep nominalistik dengan menyatakan bahwa spesies memiliki realitas yang bebas dan pertalian genetic suatu spesies.

4.KONSEP SPESIES EVOLUSIONER
Selain beberapa konsep spesies seperti yang telah di uraikan masih ada beberapa pengertian yang berkaitan dengan spesies itu.
Istilah-istilah tersebut adalah:

- Spesies Sibling yaitu,spesies yang morfologinya praktis sama dengan spesies lain,tetapi antara kedua spesies itu tidak dapat mengadakan perkawinan silang,jadi ada isolasi reproduktif

- Spesies Syimpatic yaitu apabila 2 spesies/lebih hidup bersama pada suatu daerah.

- Allopatic yaitu,bila spesies/lebih tidak hidup bersama pada daerah yang sama.

Komentar