RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
Tujuan : Siswa dapat menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara melestarikannya
I. Indikator
• Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
• Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
• Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
• Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
• Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.
II. Materi Ajar
• Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan
• Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
• Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
• Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
• Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ
III. Metode Pembelajaran
• Diskusi – Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan.
• Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.
• Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.
• Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.
• Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.
• Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
a. Buku kerja Biologi 1A, Esis
b. Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VII
c. Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah
VI. Penilaian
• Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah
• Uji kompetensi tertulis
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
Tujuan : Siswa dapat menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara melestarikannya
I. Indikator
• Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
• Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
• Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
• Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
• Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.
II. Materi Ajar
• Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan
• Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
• Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
• Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
• Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ
III. Metode Pembelajaran
• Diskusi – Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
• Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
B. Kegiatan inti (70 menit)
• Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan.
• Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.
• Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.
• Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.
• Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.
• Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
• Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
a. Buku kerja Biologi 1A, Esis
b. Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VII
c. Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah
VI. Penilaian
• Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah
• Uji kompetensi tertulis
Komentar
Posting Komentar